Peta wilayah Provinsi Sumatra Utara

Peta wilayah Provinsi Sumatra Utara

Sumatera Utara berada di ujung utara Pulau Sumatera. Sebelum dipisahkan, dulu Aceh juga termasuk wilayah provinsi ini. Ibu kota Sumatera Utara adalah Medan. Di bagian tengah wilayah Sumatera Utara terbentang Pegunungan Bukit Barisan yang melintang hampir sepanjang Pulau Sumatera. Di bentangan itulah terdapat beberapa dataran tinggi yang dijadikan tempat tinggal penduduk. Danau Toba juga terdapat di kawasan tersebut. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Ada 419 pulau di kawasan Sumatera Utara. Pulau terluar  di bagian selatan bernama Pulau Simuk. Sedangkan pulau terluar bagian utara adalah Pulau Berhala. Pulau Simuk berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, sedangkan Pulau Berhala berada di Selat Malaka.

su2Masyarakat yang berdiam di daerah ini berasal dari berbagai suku seperti Melayu, Batak, Nias, Mandailing, Aceh, Jawa, dan Tionghoa. Suku-suku tersebut menggunakan bahasa daerah yang berbeda-beda. Agama yang dianut oleh masyarakat Sumatera Utara adalah Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu. Islam dianut oleh suku Melayu, Minangkabau, Jawa, Aceh, dan sebagian Batak. Agama Kristen dianut oleh sebagian Batak dan Nias. Agama Hindu dianut terutama oleh keturunan India. Agama Budha dan Kong Hu Cu dianut oleh Tionghoa. Ada sebagian kecil Suku Batak yang tidak menganut salah satu agama diatas, yaitu Parmalim dan kepercayaan Animisme.

Terdapat dua taman nasional di provinsi ini, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Batang Gadis.  Sebagian wilayah Taman Nasional Gunung Leuser masuk ke dalam wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Di kedua taman nasional tersebut terdapat sedikitnya 8.500 spesies tumbuhan. Sebagian diantaranya tergolong langka dan hanya ditemukan di kawasan itu, misalnya bunga Bangkai Kerucut dan tumbuhan pemakan serangga serta hewan kecil lainnya yang disebut Kantong Semar.

su3Terdapat pula ratusan jenis fauna seperti beruk ekor panjang, lutung, kukang, harimau Sumatera, macan, dan serigala. Ada juga orang utan Sumatera yang merupakan jenis mamalia terbesar di dunia. Ratusan jenis burung juga hidup di kawasan ini, antara lain : merak, manyar, kakaktua, elang, balam, dan merbuk. Tidak kalah banyaknya spesies kupu-kupu, belalang, dan kalajengking.

Sumatera Utara kaya dengan sumber daya alam berupa gas alam dan minyak bumi. Di Kuala Tanjung, Kabupaten Asahan terdapat penambangan dan peleburan bijih aluminium satu-satunya di Asia Tenggara. Di kawasan Asahan juga terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air terbesar di  Pulau Sumatera

Tari Tortor merupakan salah satu tarian khas Sumatera Utara. Jenis tarian lainnya adalah Morah-morah, Parakut, Sipajok, Patam-patam Sering, dan Kebangkiung. Alat musik tradisional Sumatera Utara cukup beragam, antara lain: Aramba, Doli-doli, Druri Dana, Faritia, Garantung, Gondang, Hapetan, dan Sikambang.

su4Suku Batak memiliki keahlian membuat tenun khas yang disebut Ulos. Tenun Ulos terbuat dari benang kapas, biasanya berwarna hitam, putih, dan merah. Sering digunakan dalam upacara-upacara perkawinan, kematian, atau mendirikan rumah. Rumah tradisional di Sumatera Utara ada beberapa macam. Suku Batak Karo memiliki Siwaluh Jabu, Sianjung-anjung, dan Mecu. Suku Batak Toba dan Simalungun menamakan rumah adat mereka Bolon. Suku Batak Mandailing memiliki Bagas Gadang dan Sopo Godang. Sedangkan masyarakat Sibolga menamakan rumah adat mereka  Pesisir Sibolga.

———————————————————————————————————————————————-

Sumber :

Bawantara, Agung.dkk. 2011. Mengenal 33 Provinsi di Indonesia. Jakarta Selatan : Anak Kita

http://2.bp.blogspot.com http://1.bp.blogspot.com  http://budayanusantara2010.files.wordpress.com  http://img.okeinfo.net